Tumbuh Kembang Anak


ANAK DAN TUMBUH KEMBANGNYA

Banyak ibu yg bertanya-tanya seputar tumbuh kembang anak, spt berikut :

  • Anakku umur 3bln koq blm bisa tengkurap yaah?
  • Anakku umur 9bln koq blm bisa duduk sendiri yaah?
  • Anakku umur 10bln koq blm bisa jln yaah? Pdhl anak tetangga ud bisa jln?
  • Dsb

Dan ujung dr pertanyaan-pertanyaan tsb adl “NORMAL GAK YAAAAH?” 😉

Perlu ibu ketahui bahwa TIAP ANAK ADALAH UNIK, memiliki perkembangan, hobi, kebiasaan, perilaku,dsb yg berbeda pula, jd JGN BANDING-BANDINGKAN ANAK YG SATU DG ANAK YG LAIN 😉

 

IMHO menjadi orang tua adl pembelajaran seumur hidup, anak adalah sekolah hidup yg membuat qt belajar banyak hal. Anak memiliki perkembangan alamiah yg berbeda, memiliki kesukaannya sendiri, memiliki keinginannya sendiri, dsb.. Tugas qt sbg orang tua adl mengawasi, mensupport, dan mengarahkan (bkn mendikte) 😉 JGN JADIKAN ANAK SBG OBYEK OBSESI ORANG TUA, misal : ‘wiih anak tetangga 10bln ud bisa jln, anakku jg 10bln ud hrs bisa jln doonk’ lalu ortu jd memaksakan si anak utk segera mampu berjalan, pdhl si anak punya tahapannya sendiri, atau ‘ak ingin anakku mjd dokter’ dan akhirnya ortu memaksakan anaknya utk menjadi dokter pdhl si anak ingin menjadi arsitek, dsb 😉

Yup.. sekali lagi perkembangan anak berbeda-beda, jd tenanglah, jgn paksakan anak berkembang di luar kemampuannya 😉 Tapi memang qt memiliki ‘rambu-rambu’ perkembangan anak, yg bisa menjadi ‘pegangan’ bagi ortu ttg tumbuh kembang anak, berikut adl tahapan tumbuh kembang anak dr beberapa sumber 😉

 

    

 

  

(duuuuuh kurang keliatan yaaaah???)

 

Dan berikut 7 gangguan tumbuh kembang anak yang perlu kita ketahui :

  1. Gangguan bicara dan bahasa. Kemampuan berbahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak. Kurangnya stimulasi akan dapat menyebabkan gangguan berbicara dan berbahasa bahkan gangguan ini dapat menetap.
  2. Cerebral palsy. Merupakan suatu kelainan gerakan dan postur tubuh yang tidak progresif, yang disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel motorik pada susunan saraf pusat yang sedang tumbuh/belum selesai pertumbuhannya.
  3. Sindrom Down. Anak dengan sindrom down adalah individu yang dapat dikenal dari fenotipnya dan mempunyai kecerdasan yang terbatas, yang menjadi akibat adanya jumlah kromosom 21 yang lebih. Beberapa faktor seperti kelainan jantung kongenital, hipotonia yang berat, masalah biologis atau lingkungan lainnya dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik dan keterampilan untuk menolong diri sendiri.
  4. Perawakan pendek. Penyebabnya dapat karena variasi normal, gangguan gizi, kelainan kromosom, penyakit sistemik atau karena kelainan endokrin.
  5. Gangguan autisme. Merupakan gangguan perkembangan pervasif pada anak yang gejalanya muncul sebelum anak berumur 3 tahun. Pervasif berarti meliputi seluruh aspek perkembangan sehingga gangguan tersebut sangat luas dan berat, yang mempengaruhi anak secara mendalam. Gangguan perkembangan yang ditemukan pada autisme mencakup bidang interaksi sosial, komunikasi dan perilaku.
  6. Retardasi mental. Merupakan suatu kondisi yang ditandai oleh intelegensia yang rendah ( IQ<70) yang menyebabkan ketidakmampuan individu untuk belajar dan beradaptasi terhadap tuntutan masyarakat atas kemampuan yang dianggap normal.
  7. Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas ( GPPH ). Merupakan gangguan dimana anak mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian yang seringkali disertai dengan hiperaktivitas.

GROWTH CHART

Dahulu kala, memang Growth Chart (GC) seperti yang standar digunakan dalam KMS kita adalah GC yang dibuat dengan demografi anak2 di Amerika Serikat yang diberikan susu formula. Jadi gak heran ya kalau anak2 ASIX yang keturanan Asia rata2 selalu berada dibawah kurva “average” atau persentil bawah dari GC tersebut.

Tapi, sejak tahun 2006, WHO telah menerbitkan GC versi terbaru, yang demografinya diambil dari anak di seluruh dunia, dengan ras keturanan yang berbeda2 (asia, eropa, afrika, dll)…dan, yang paling penting…GC tersebut dibuat berdasar patokan bahwa ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi (“…breastfed child as the norm for growth and development.”). Untuk jelasnya, moms bisa lihat disini: http://www.who.int/mediacentre/news/releases/2006/pr21/en/index.html , dan disini:http://www.who.int/nutrition/media_page/backgrounders_1_en.pdf.

Oleh karena itu, kami sarankan bagi para moms untuk selalu cek ke DSA apakah GC yang digunakan untuk mengukur perkembangan bayi/balita moms disini adalah GC yang versi terbaru dari WHO…karena, the International Pediatric Association (IPA) juga sudah menyarankan agar digunakan GC yang versi terbaru ini (http://www.who.int/childgrowth/Endorsement_IPA.pdf).

Atau, kalau memang bukan, maka para moms bisa cek sendiri perkembangan bayi/balita dengan menggunakan indikator2 yang ada disini: http://www.who.int/childgrowth/standards/en/.

Berikut adl referensi GC anak ASI yg ak dpt dr www.kellymom.com 😉

 

       

 

Atau cek yg ini :

 

Bisa jg cek http://kms-online.javakedaton.com/?act=home utk mengetahui Status Gizi bayi dan balita. Seperti layaknya KMS (Kartu Menuju Sehat), bayi dan balita diukur berdasarkan umur dan berat badan, dari situlah bisa diketahui status gizi bayi dan balita, jadwal imunisasi, anjuran pemberian makanan,tahap perkembangan dan rangsangan perkembangan untuk bayi dan balita.

Naaaah moga2 dg note ini buibu bisa lbh tenang dlm memantau perkembangan si kecil yaaah 😉

Sumber :

Tentang nurliqiu

ta' kenal maka ta' sayang, ya itu kata orang dulu but itu semua emang bener n biar ga kualat ma orang dulu inilah sekilas kesan orang ma gw. Klo kata orang gw simpel gampang masuk ke klompok mana pun bawel walau kadang suka moody but buat moody gw jangan khawatir masih dlm skala kecil ko :P .So...how we can be good friend in this Blog ya . Nice Bloging :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar